Jangan dianggap remeh, Ini yang akan terjadi pada Tubuhmu Jika kamu Kekurangan Vitamin B12!

Ini yang akan terjadi pada Tubuhmu Jika kamu Kekurangan Vitamin B12!
Akibat kekurangan Vitamin B12
Akibat kekurangan vitamin B12 - Tubuh memerlukan banyak vitamin agar tetap dalam kondisi sehat. Asupan vitamin dapat berasal dari makanan nabati dan hewani. Diantara banyak vitamin itu vitamin B-12 merupakan nutrisi penting yang digunakan tubuh untuk memproduksi sel-sel darah merah, DNA, dan saraf.

Peranan penting vitamin B-12 membuat tubuh tidak boleh kekurangan vitamin ini. Namun yang perlu diketahui bahwa vitamin B-12 ini tidak banyak ditemukan di sayuran. Sehingga mereka yang penganut vegetarian (hanya makan sayuran) rentan kekurangan vitamin B-12.


Salah satu solusi adalah dengan menggunakan produk-produk yang diperkaya dengan B-12, seperti susu kedelai atau kacang susu.

Mikroorganisme seperti bakteri dan jamur dapat menghasilkan B-12. Karena bakteri dapat ditemukan di dalam tanah, makanan yang berasal dari tanah dapat memiliki tingkat kecil B-12. Karena itu jangan menggosok (mencuci) sayuran terlalu lama karena bisa menghilangkan bakteri baik ini.

Makanan alami yang mengandung sejumlah kecil B-12 termasuk jamur dan makanan fermentasi seperti tempe, jenis rumput laut juga akan memberikan banyak B-12

Inilah tanda-tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin B-12

1. Kelelahan

Sering mengalami kelelahan merupan tanda tubuh kekurangan vitamin B-12, vitamin ini penting untuk energi di dalam tubuh. Tanpa cukup vitamin ini, tubuh tidak mendapatkan oksigen dan energi yang kita butuhkan. Kepala berkunang-kunang juga tanda kekurangan vitamin ini.

2. Kesemutan dan mati rasa

Kehilangan rasa di tangan dan kaki dan sering mengalami kesemutan juga tanda kekurangan vitamin B-12

3. Nyeri Sendi

Nyeri sendi parah yang bukan karena cedera atau peradangan kronis, seperti arthritis dan refleks lambat merupakan tanda kekurangan B-12.

4. Sesak Nafas dan Jantung Berdebar

Sesak napas dan jantung berdebar-debar serta denyut jantung yang cepat ternyata juga tanda kekurangan vitamin B-12.

5. Lumpuh

Dalam satu studi kasus kekurangan vitamin B-12 dapat menyebabkan kelumpuhan. Seorang pria mengalami masalah pada kakinya, setelah diperiksa lebih lanjut ia mengalami masalah otot akibat kurang asupan vitamin B-12.

6. Kulit Menguning

Penyakit kuning adalah menguningnya kulit atau putih mata dan dapat menunjukkan beberapa masalah medis yang serius.

7. Lidah Bengkak

Beberapa pasien dengan pengalaman defisiensi atau kekurangan B-12 akan mengalami peradangan lidah. Tanda-tanda lain dapat berhubungan dengan mulut juga mencakup lidah halus serta rasa penurunan rasa.

Jika Anda mengalami salah satu dari ini tujuh tanda-tanda kekurangan B-12 sebaiknya langsung periksakan ke dokter agar diketahui pasti apakah Anda kekurangan vitamin B-12. Pastikan Anda dan keluarga mendapatkan cukup vitamin B-12 agar mencegah komplikasi medis yang serius. (Healthycures.org)

0 Response to "Jangan dianggap remeh, Ini yang akan terjadi pada Tubuhmu Jika kamu Kekurangan Vitamin B12!"

Posting Komentar