Ternyata Inilah Penyebab Mengapa Kita Menjadi Lebih Sering Lupa!

Ternyata Inilah Penyebab Mengapa Kita Menjadi Lebih Sering Lupa!
Lupa
Penyebab sering Lupa – Pernahkah Anda lupa kalau anda ingin ke dapur, sesampainya didapur Anda lupa tujuan utama Anda ke Dapur? Atau lupa meletakkan kunci mobil? Nah Adanya gangguan memori dalam jangka waktu yang pendek seperti dengan lupa nama seseorang hingga lupa dalam meletakkan kunci mobil, mungkin sering kita alami. Kabar baiknya, jika dengan adanya penyebab gangguan memori tersebut bisa kita atasi dengan hal yang cukup mudah.
 
Ketahuilah apa saja yang menjadi penyebabnya lalu jangan lupa untuk tetap memperbaiki gaya hidup Anda demi menjaga daya ingat agar senantiasa menjadi tetap dalam kondisi yang prima.

1. Kurangnya Tidur

Cukup tidur setiap malam merupakan salah satu rahasia dalam memiliki daya ingat yang tajam. Di dalam suatu penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2015, bisa disimpulkan jika hanya pria yang tidur selama 4 jam dalam setiap malam, cenderung akan mengalami gangguan daya ingat saat dirinya berada dalam kondisi yang stres.

2. Sifat Pencemas

Saat Anda tengah mengkhawatirkan begitu banyak hal yang terjadi, serta Anda juga saat itu sedang belajar suatu hal yang baru, maka kecemasan Anda akan mengurangi kemampuan Anda dalam belajar. Kecemasan akan membuat kita menjadi kurang fokus, kurang dalam mendengar, sehingga mengakibatkan kepada diri kita sendiri menjadi sulit dalam mengingat.

3. Terlalu Banyak Duduk

Apabila Anda tak aktif selama seharian, semisal karena adanya pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk lebih banyak duduk daripada melakukan aktivitas yang lain, hal ini tentu mampu membuat kita menjadi lebih sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Pada akhirnya, kemampuan daya ingat yang kita miliki pun malah menjadi berkurang.

4. Mengonsumsi Obat

Ada obat-obatan tertentu yang mempunyai efek samping dalam kemampuan daya ingat seseorang. Misal saja seperti antihistamin untuk obat anti alergi atau sebagai obat anti depresan.

5. Menjelang Masa Menopause

Hormon estrogen mampu dalam melindungi fungsi kognisi. Yang sangat disayangkan adalah kadarnya akan terus menurun seiring banyaknya usia. Pada wanita sendiri, menjelang dari masa menopause, estrogen menjadi berkurang banyak, sehingga salah satu gejala yang dialami ialah menjadi wanita tersebut mudah lupa.

6. Banyaknya Gangguan

Email, Facebook, Instagram, Twitter dan masih banyak lagi layanan yang lain mampu membuat kita menjadi lebih mudah untuk terdistraksi. Otak kita menjadi tak bisa dalam menghadapi begitu banyak stimulasi secara sekaligus menjadi kita lebih sulit untuk memusatkan perhatian dalam satu hal saja.
 
Sumber : www.ekoran.co.id

0 Response to "Ternyata Inilah Penyebab Mengapa Kita Menjadi Lebih Sering Lupa!"

Posting Komentar